PSIKOTERAPI (ARTIKEL 1)

Pengertian psikoterapi

Menurut Wolberg (1954) psikoterapi sebagai suatu bentuk perawatan atau perlakuan (treatment) terhadap masalah yang timbul yang asalnya dari faktor emosi pada mana seorang yang terlatih, dengan terencana mengadakan hubungan professional dengan pasien dengan tujuan memindahkan, mengubah suatu simtom dan mencegah agar simtom tidak muncul pada seseorang yang terganggu pada pola perilakunya, untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan pribadi secara positif.

Menurut Ivey & Simek – Downing (1980) mengemukakan bahwa psikoterapi adalah proses jangka panjang, berhubungan dengan upaya merekonstruksi seseorang dan perubahan yang lebih besar pada struktur kepribadian.

Menurut Frank ( dalam Markam, 2003) psikoterapi ialah sebagai interaksi terencana antara seorang yang terlatih, yang mempunyai kewenangan sosial untuk melakukan terapi, dengan seorang yang menderita dimana dalam interaksi ini terapis berusaha untuk meringankan penderitaan penderita, melalui komunikasi simbolis, khususnya kata-kata  maupun aktivitas fisik.

Jadi, psikoterapi adalah suatu bentuk perlakuan atau treatmen yang dilakukan seorang yang terlatih, bertujuan untuk memindahkan, mengubah, mencegah, meringankan dan merekonstruksi seseorang untuk perubahan yang lebih baik, biasanya berproses jangka panjang.

Tujuan psikoterapi

Menurut Hokanson (1983, dalam Markam 2003) psikoterapi bertujuan untuk mengatasi krisis, untuk perubahan perilaku, untuk mengubah pengalaman emosional, dan untuk memperoleh pemahaman.

Unsur-unsur psikoterapi

Masserman ( dalam Karasu, 1984) melaporkan tujuh “parameter pengaruh” dasar yang mencakup unsur-unsur lazim pada semua jenis psikoterapi, yang termasuk kedalam tujuh “parameter pengaruh” dasar, ialah peran sosial psikoterapis, hubungan (persekutuan terapeutik), hak, retrospeksi, re-eduksi, rehabilitasi, resosialisasi, dan rekapitulasi.

Sumber :

Markam, Sumarmo,. Suprapti, Slamet I.S,. (2003). Pengantar psikologi klinis. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Gunarsa, Singgih D. (2007). Konseling dan psikoterapi. Jakarta: Gunung Mulya.

Maulany, R.F (1997). Buku Saku Psikiatri: Residen Bagian Psikiatri UCLA. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s