Perencanaan, Penetapan, & Pengorganisasian dalam Struktur Manajemen

manajemn

mn1

mn2

mn3

Analisis

Perencanaan

Dalam manajemen, perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain—pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan—tak akan dapat berjalan. (http://id.wikipedia.org/wiki/Perencanaan)

Menurut analisa saya,  perencanaan manajemen perusahaan Indofood terbilang sangat baik, hal ini dikarenakan perusahaan Indofood menjadi salah satu perusahaan terbesar  di Indonesia, dimana perusahaan distibusi Indofood memiliki jaringan yang luas hampir setiap wilayah nusantara.  Perencanaan perusahaan Indofood dapat dilihat dari perusahaan Indofood ingin berkembang sebagai produsen makanan dan minuman terbesar di Indonesia. Selain itu, perusahaan Indofood ingin berkembang menjadi perusahaan yang bergerak di manufaktur, penjualan, pemasaran, dan distribusi produk kuliner di Indonesia maupun untuk diekspor.

Penetapan & struktur pengorganisasian manajemen

Setelah melakukan perencanaan, yakni perusahaan Indofood ingin berkembang menjadi perusahaan yang bergerak di manufaktur, penjualan, pemasaran, dan distribusi produk kuliner di Indonesia maupun untuk diekspor. Dilakukan penetapan strategi untuk menjalankan perencanaan tersebut, yakni dengan cara perusahaan Indofood bekerja sama , menyepakati kesepakatan dengan perusaahaan asal Swiss yakni, Nestle S.A.  lalu untuk mewujudkan atau melakasanakan strategi yang telah ditetapkan Kedua perusahaan sama-sama memiliki 50% saham di perusahaan yang diberi nama PT Nestle Indofood Citarasa Indonesia. Baik ISM maupun Nestle percaya, mereka dapat bersaing secara lebih efektif di Indonesia melalui penggabungan kekuatan dalam bentuk perusahaan dan tim yang berdedikasi. Dalam kerjasama ini, ISM memberikan lisensi penggunaan merek-mereknya untuk produk kuliner, seperti Indofood, Piring Lombok, dan lainnya kepada perusahaan baru ini. Sementara itu, Nestle memberikan lisensi penggunaan merek Maggi-nya. Pada 2009,  Indofood memulai proses restrukturisasi internal Grup CBP melalui pembentukan PT Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP) dan pemekaran kegiatan usaha mi instan dan bumbu yang diikuti dengan penggabungan usaha seluruh anak perusahaan di Grup Produk Konsumen Bermerek (CBP), yang seluruh sahamnya dimiliki oleh Perseroan, ke dalam ICBP. Lalu setelah melaksanakan strategi yang ditelah ditetapkan, saat ini perusahaan Indofood telah bertransformasi menjadi sebuah perusahaan Total Food Solutions dengan kegiatan operasional yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di rak para pedagang eceran. Dan menjadi perusahaan disribusi dengan jaringan paling luas di Indonesia, dengan hampir setiap sudut nusantara.

Sumber Artikel :

(http://www.ciputraentrepreneurship.com/domestic-company/indofood-perusahaan-yang-menggurita-di-bisnis-makanan-dan-minuman)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s