PSIKOLOGI DAN INTERNET DALAM LINGKUP TRANSPERSONAL

PSIKOLOGI DAN INTERNET DALAM LINGKUP TRANSPERSONAL

 

Global Brain dan Peran Internet

Menurut wikipedia, Global brain adalah  konseptualisasi dari jaringan di seluruh dunia yang dibentuk oleh  teknologi informasi dan komunikasi yang menghubungkan sistem menjadi cerdas, sehingga dapat mengatur dirinya sendiri. Internet menjadi lebih cepat, lebih cerdas, dan lebih menyeluruh, hal itu  semakin mengikat ke dalam sistem pengolahan informasi tunggal, yang berfungsi seperti sistem saraf untuk planet Bumi. Kecerdasan jaringan ini bersifat kolektif atau didistribusikan: tidak terpusat dalam setiap individu tertentu, organisasi atau sistem komputer. Ini bukan muncul dari jaringan dinamis interaksi antara komponen-komponennya, properti khas dari sistem adaptif yang kompleks.

 Sebenarnya world-wide web atau yang sering kita sebut www pada dasarnya berkerja seperti organisasi didalam otak seperti halaman web yang memainkan peran seperti neuron yang terhubung oleh hyperlink yang memiliki peran seperti sinapsis, bersama-sama membentuk jaringan asosiatif yang selanjutnya menyebarkan informasi. Analogi ini  menjadi lebih kuat dengan munculnya media sosial, seperti Facebook, di mana link antara halaman pribadi mewakili hubungan dalam jaringan sosial sehingga informasi menyebar dari orang ke orang. propagasi tersebut mirip dengan aktivitas diotak yang mengunakan jaringan saraf untuk memproses informasi dan menyebar dalam cara distribusi pararel. (http://en.wikipedia.org/wiki/Global_brain).

 

Peran Internet sebagai Mediasi Terbentuknya Berbagai Model atau Kondisi Consciousness dan Dapat Pula Mendorong Terjadinya Collective Unconsciousness

  • Mediasi adalah salah satu usaha dalam penyelesaian konflik yang terjadi antara dua kubu yang bersengketa atau bertentangan dimana pihak yang bersengketa menyerahkan penyelesaian konflik kepada pihak ketiga yang netral (mediator) dengan tujuan mencapai kesepakatan yang adil yang dapat diterima oleh kedua kubu yang bersengketa.
  • Model atau Kondisi Consciousness, menurut Jung dalam buku teori kepribadian edisi 7 karya feist & feist mengatakan kesadaran merupakan hal yang dapat dirasakan oleh ego, sementara elemen ketidaksadaran tidak ada kaitannya demga ego. Menurut Jung, ego sebagai pusat kesadaran tetapi bukan merupakan inti dari kesadaran itu sendiri. Ego bukan keseluruhan dari kepribadian dan harus dipenuhi dengan diri. Sedangkan yang dimaksud dengan Diri adalah pusat dari kepribadian yang kebanyakan didominasi oleh ketidaksadaran. Dalam psikologi analitis, kesadaran memainkan peranan yang relatif kecil.
  • Collective Unconsciousness, menurut Jung dalam buku teori kepribadian edisi 7 karya feist & feist mengatakan ketidaksadaran kolektif kebalikan dari ketidaksadaran personal. Jika ketidaksadaran personal dihasilkan dari pengalaman individu, ketidaksadaran kolektif dihasilkan dari pengalaman yang sudah mengakar dari masa lalu leluhur.  Ketidaksadaran kolektif diturunkan dari satu generasi kegenerasi selanjutnya. Ketidaksadaran kolektif bertanggung jawab terhadap kepercayaan terhadap agama, mitos, serta legenda.

Dari penjelasan diatas, dapat diketahui bahwa global brain dibuat berdasarkan cara kerja otak manusia untuk memudahkan kita menggunakan internet, dengan global brain internet menjadi lebih cepat, lebih cerdas, dan lebih menyeluruh. Internet juga berperan sebagai mediasi terbentuknya berbagai model atau kondisi consciousness dan dapat pula mendorong terjadinya collective unconsciousness, disini yang berperan sebgai mediator adalah ego, dimana ego memutuskan apa akan memenuhi id, id disini menurut freud adalah bagian paling primif pada wilayah pikiran manusia, bahasa sederhana dari id adalah pikiran untuk memenuhi segala yang diinginkan atau memenuhi super ego, super ego adalah bagian paling suci dalam wilayah pikiran individu. Untuk menyeimbangkan id dan super ego diperlukan ego.

Contoh seorang anak menginginkan hp baru disini id bermain tetapi anak tersebut tidak memiliki uang, anak tersebut memikirkan bagaimana caranya mendapatkan hp yang diingikannya, anak tersebut berpikir untuk mencuri uang orang tuanya tetapi super ego tidak memperbolehkan dan tidak membenarkan sikap tersebut sehingga ego berperan untuk mencari jalan atau solusi yang dapat diterima super ego tetapi id terpenuhi.

Internet juga berperan untuk kegiatan sehari-hari, dari internet kita dapat mengetahui apapun yang kita cari atau inginkan dalam internet, dari internet kita mendapatkan wawasan baru sehingga hal tersebut membentuk model consciousness, tanpa sadar juga dapat membentuk ketidaksadaran kolektif atau collective unconsciousness, seperti saat kita bermain internet lalu saat kita membuka salah satu webnya tanpa sengaja gambar-gambar yang mengandung pornografi muncul walaupun kita tidak memiliki tujuan melihat gambar tersebut. Tetapi karena kita telah diajarkan bahwa diagama maupun norma tidak memperbolehkan hal tersebut sehingga kita langsung menutup web tersebut. Hal ini karena ketidaksadaran kolektif kita bekerja.

 

Referensi :

http://en.wikipedia.org/wiki/Global_brain

http://id.wikipedia.org/wiki/Mediasi

 

UNTUK MELIHAT POSTINGAN LAINNYA

 

1. RIFKA PUTRI
2. RIKZAN AKBAR
3. SEPTIA NUR AINI
4. SITI LESTARI
5. SITI MELANI

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s