PLAGIARISME

PLAGIARISME

Kalau kita berbicara tentang sebuah karya, terkadang karya tersebut belum tentu hasil karya sendiri. Banyak orang yang tidak bertanggung jawab menjadikan karya orang lain sebagai karyanya sendiri. Tindakan seperti ini disebut tindakan plagiarisme atau kita lebih seing meyebutnya plagiat. Apa sih yang disebut plagiat atau plagiarisme?, apa sih yang menjadi alasan orang melakukan tindakan plagiarisme?, bagaimana cara kita mencegah tindakan plagiarisme?, mari kita bahas satu-persatu tentang plagiarisme atau plagiat.

Apa yang disebut plagiarisme atau plagiat,  menurut wikipedia bahasa Indonesia “Plagiarisme adalah pengambilan karangan, pendapat dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri.” Sedangkan, Feri Sulianta dalam buku berjudul Seri Referensi Praktis : Konten Internet hal 71. “Plagiarisme adalah bentuk penyalahgunaan hak kekayaan intelektual milik orang lain, yang mana karya tersebut dipresentasikan dan diakui secara tidak sah sebagai hasil karya pribadi.” Jadi, plagiarisme pengambilan karangan, pendapat,dan penyalahgunaan hak kekayaan intelektual milik orang lain, yang dijadikan hasil karya, atau pendapat pribadi.

Yang menjadi alasan kenapa orang melakukan plagiarisme atau plagiat, terjadi karena mungkin adanya sarana untuk memplagiarisme karya orang lain apalagi jika sudah di dunia maya, peluang untuk memplagiarisme karya orang lain jadi semakin besar. Hal ini dikarenakan didunia maya atau internet, apapun yang kita cari dari search engine dapat kita temukan dengan mudah, lalu untuk mencari pelaku plagiarisme juga sangat sulit sehingga , tetapi menurut saya kurangnya kesadaraan etika terhadap karya orang lain membuat plagiarisme semakin marak dilakukan.

Latihan menulis, menumbuhkan sikap percaya diri dengan menghargai karya kita sendiri maupun karya orang lain, merupakan salah satu cara agar kita terhindar dari plagiarisme. Mari mulai saat ini, biasakan tidak melakukan plagiarisme, walau dari hal terkecil sekalipun seperti copy paste buku. untuk melihat blog selanjutnya
klik disini

SUMBER :

http://id.wikipedia.org/wiki/Plagiarisme

Sulianta, Feri. (2007). Seri referensi praktis : konten internet. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s