MINGGU KEEMPAT

MINGGU KEEMPAT

KEHIDUPAN DI BUMI

 

1.1 Asal mula kehidupan di bumi

            Teori asal mula kehidupan di bumi, diantaranya

è Generatio Spontanea

Sebelum abad 17, orang menganggap bahwa makhluk hidup terbentuk secara spontan. Contohnya ulat ada karena adanya bangkai tikus, tikus ada karena padi. Paham ini juga disebut abiogenesis artinya makhluk hidup dapat terbentuk dari bukan makhluk hidup. Paham ini dicetuskan oleh Aristoteles.

 

è Cosmozoa

Adalah pendapat yang menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari luar bumi. Awalnya berbentuk spora yang aktif lalu jatuh ke bumi dan berkembang biak.

Masih banyak lagi teori-teori tentang asal mula kehiupan dibumi, seperti Omne Vivum ex Ovo, Omne Ovo es Vivo, Omne Vivum ex Vivo, Teori Uray, dan Teori Oparin-Haldene.

1.2 Perbedaan abiogenesis dan biogenesis

            Teori abiogenesis berpendapat bahwa makhluk hidup berasal dari benda mati, sebagai contoh seorang ilmuah inggris yang bernama Nedhan, memasukan rebusan kaldu kedalam botol yang ditutup dengan gabus, setelah beberapa hari didalam botol tersebut ditumbuhi bakteri. Sedangkan teori biogenesis berpendapat bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup pula atau makhluk hidup yang sudah ada.

1.3 Perkembangan seksual dan aseksual

            Perkembangan seksual adalah suatu proses reproduksi yang melibatkan dua individu, yang  memiliki jenis kelamin yang berbeda. Pada organisme tingkat tinggi, terjadi pertemuan antara dua gamet, yaitu gamet jantan (spermatozoa) dan gamet betina (sel telur). kedua macam gamet ini dibedakan mulai dari bentuk, ukuran,  dan kelakuannya. kondisi gamet yang berbeda ini disebut Heterogamet. Sedangkan, perkembangan aseksual adalah cara repoduksi makhluk hidup secara aseksual (tanpa adanya peleburan antara sel kelamin jantan dan betina). Reproduksi aseksual ini terbagi menjadi dua, yaitu vegetatif alami dan vegetatif buatan,  yang dimaksud vegetatif alami seperti pembelahan sel, sedangkan, vegetatif buatan seperti pencakokan, stek, tempel, dan yang lainnya.

1.4 Geografi Kehidupan

            Adalah pembagian wilayah berdasarkan kondisi geografi yang berkaitan dengan kehidupan yang terdapat didalamnya.

  • Pembagian wilayah menurut iklim

è Daerah tropik

è Daerah sub tropik

è Daerah kutub

  • Pembagian wilayah untuk binatang

è Daerah oriental

è Daerah australia

è Daerah palaearctic

è Daerah ethiopean

è Daerah neotropical

è Daerah nearctic

1.5 Evolusi

Teori evolusi adalah pendapat yang menyatakan bahwa terjadi perubahann secara perlahan dan memakan waktu lama dalam kehidupan makhluk hidup. Beberapa pandangan mengenai evolusi, yaitu :

  • Anaximander (611-547 SM)

Bumi pada awalnya adalah sebuah lautan yang kemudian membeku menjadi daratan kemudian makhluk hidup bermodifikasi sehingga dapat hidup didarat.

  • Empledocles (490-430 SM)

Beranggapan bahwa dari slime tumbuh tanaman sederhana, beberapa diantaranya akan menjadi tanaman kompleks. Dari tanaman ini, kemudian tumbuh tunas-tunas hewan

  • Aristoteles (384-322 SM)

Benda-benda hidup berkembangan makin sempurna karena pengaruh kekuatan tertentu, yakni entelechy, dan makhluk didaratan berasal dari makhluk hidup dilautan

Masih banyak lagi pandangan-pandangan evolusi yang lainnya.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s