BAB X MANUSIA DAN KEGELISAHAAN

BAB X

MANUSIA DAN KEGELISAHAN

 

Kegelisahan berasal dari kata gelisah yang berarti tidak tentram hatinya, selalu merasa khawatir, tidak tenang, tidak sabar dan cemas. Kegelisahan disebabkan oleh ketakutan orang akan kehilangan hak-haknya. Nah untuk mengatasi kegelisahan itu denagn cara bersikap tenang, jika kita bersikap tenang maka persoalan sulit dapat dihadapi.

            Dari adanya kegelisahan maka akan terciptanya keterasingan. Keterasinagan berkata dasar ‘asing’ yang berarti sendiri, sedankan terasing berarti tersisihkan pada pergaulan, terpisah dari yang lain atau terpencil. Yang menyebabkan orang dalam keadaan keterasingan adalah karena perilakunya tidak diterima atau tidak dapat dibenarkan oleh masyarakat atau kekurangan pada diri sendiri yang tidak dapat atau sulit menyesuaikan diri dalam masyarkat.

            Karena keterasingan itu maka orang yang dalam keterasingan akan merasa kesepian. Kesepian berarti manusia sunyi atau lenggang, tidak berteman. Frustasi juga dapat menyebabkan kesepian. Lalu akan merasa ketidakpastian. Ketidakpastian adalah keadaan yang tidak pasti, tidak tentu , tidak tahu, keadaan tanpa arah yang jelas dan keadaan tanpa asal usul yang jelas. Salah satu sebab ketidakpastian adalah phobia.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s